PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1681Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi dengan implementasi model Problem Based Learning.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas X AK 3 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa: lembar observasi Aktivitas Belajar siswa, catatan lapangan, soal pre-testsertapost-test, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptifkualitatif. Indikator keberhasilan yaitu Aktivitas Belajardalam pembelajaran dengan model Problem Based Learningmencapai75% untuk setiap siswa dan 75% dari jumlah siswa dan Prestasi Belajar Akuntansi mencapai nilai KKM yaitu 75 sebanyak 75% dari jumlah siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akitvitas dan Prestasi Belajar siswa dapat meningkat setelah diberi tindakan.Pada pra siklus hanya terdapat satu aspek Aktivitas Belajar siswa yaitu menjawab pertanyaan sebesar 15,79%, pada siklus I yang menunjukkan Aktivitas Belajar sebanyak 36,84% siswa, pada siklus II sebanyak89,47% siswa. Prestasi Belajar Akuntansi siswa pra siklus menunjukkan yang mendapat nilai ≥75 atau mencapai KKM adalah 9 siswa atau 47%, pada siklus I Prestasi Belajar Akuntansi siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau mencapai KKM adalah 16 siswa atau 84,21%, pada siklus II Prestasi Belajar Akuntansi siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau mencapai KKM adalah 19 siswa atau 100%.
Kata-kata kunci: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.