IMPLEMENTASI METODE BELAJAR PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR

Dian Paramitha Candra Astika, Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Ak 2 Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 setelah diterapkannya Metode Belajar  Peer Teaching.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching. PTK ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu planning, acting, observing dan reflecting. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X Ak.2 SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah 35 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. Aspek  yang diteliti meliputi keaktifan siswa dan hasil belajar. Keaktifan siswa diamati dengan lembar observasi yang mencakup beberapa aspek yang diamati dengan menggunakan rating scale. Hasil belajar ranah kognitif diukur dengan melaksanakan pretest pada awal pertemuan dan mengadakan posttest pada akhir pertemuan. Hasil belajar ranah afektif dan psikomotor diukur dengan hasil pengamatan yang dilakukan observer yang terdiri dari beberapa aspek yang diamati. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan rata-rata keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 20,73% yaitu pada siklus 1 mencapai 67,79% menjadi 88,52% pada siklus 2, (2) hasil belajar ranah kognitif yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, ketuntasan belajar pada pretest siklus 1 yang mencapai KKM 70 sebanyak 32,35%, pada posttest siklus 1 mencapai 91,18%, sedangkan ketuntasan belajar pada pretest siklus 2 adalah 47,22%,  pada posttest siklus 2 ketuntasan belajar mencapai 100%, (3) persentase hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan rata-rata sebesar 10,50% dari siklus 1 77,41% menjadi 87,91% pada siklus 2, (4) persentase peningkatan rata-rata hasil belajar ranah psikomotor sebesar 24,51 % yaitu dari siklus 1 60,78% meningkat pada siklus 2 menjadi 85,29%.

 

Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Metode Belajar Peer Teaching


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.