ANALISIS KEBUTUHAN SOFT SKILL DALAM MENDUKUNG KARIR ALUMNI AKUNTANSI

Rr Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Mahendra Adhi Nugroho, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rudi Prasetya Timur, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Kajian Tracer Study ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif yang berusaha mendeskripsikan kebutuhan soft skill alumni yang mendukung karier di dunia usaha. Penelitian ini mencoba menganalisis berdasarkan jenis pekerjaan alumni dan posisi alumni serta soft skill yang dimiliki oleh alumni

Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, mulai April-Agustus 2016. Adapun tempaat penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta. Variabel penelitian ini adalah Analisis Kebutuhan Soft Skill Dalam Mendukung Karier Alumni Akuntansi yaitu suatu penyelidikan untuk mengetahui peta soft skill yang dimiliki dan kebutuhan soft skill apasaja yang mendukung karier alumni Akuntansi sebenarnya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa alumni Prodi Akuntansi. Adapun sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2004-2014 (lulusan Prodi Akuntansi untuk 10 angkatan, termasuk kelas PKS) yang lulus antara 2009-2016. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) yang didistribusikan kepada populasi penelitian. Penelitian ini akan menggunakan indikator soft skill yang dikembangkan dari Hairi et al (2011) dengan modifikasi skala likert 1-5 menjadi skala 1-7.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alumni prodi akuntansi telah memiliki kelima skills (Communication Skill, Critical Thinking Skill, Team Work Skill, Program and Project Management Skill dan Decision-Making and Problem Solving Skill). Semua soft skill tersebut sangat penting dalam menunjang karier sehingga harus dimasukan dalam proses pembelajaran dan didukung melalui kegiatan ekstrakurikuler (kegiatan kemahasiswaan). Oleh karena soft skills adalah keterampilan yang bersifat non teknis, invisible, dan unimmediate, maka Softskills tidak dapat diajarkan, tetapi dapat ditularkan dan  dipraktikkan berulang-ulang dengan didampingi oleh mentor.

Kata kunci: Communication Skill, Critical Thinking Skill, Team Work Skill, Program and Project Management Skill dan Decision-Making and Problem Solving Skil


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i2.12866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.