FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2011
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11368Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi Lulus Tepat Waktu, Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah, Ketersediaan Sumber Belajar, Kualitas Bimbingan Skripsi dan Lingkungan Teman Sebaya baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian yaitu semua mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2011. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi Lulus Tepat Waktu, Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah, Ketersediaan Sumber Belajar, Kualitas Bimbingan Skripsi dan Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Penyelesaian Skripsi baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Ditunjukkan dengan nilai rhitungsecara urut yaitu sebesar 0,534; 0,334; 0,239; 0,230; dan 0,214 dengan nilai siginifikan setiap variabelnya <5%. Nilai Rhitung sebesar 0,54 dan nilai Fhitung (9,267) > Ftabel (2,30).
Kata kunci: Skripsi, Motivasi Lulus Tepat Waktu, Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah, Ketersediaan Sumber Belajar, Kualitas Bimbingan Skripsi, dan Lingkungan Teman Sebaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.