PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11366Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog bagi siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,68 termasuk kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,97 termasuk kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,7 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Penilaian kelayakan oleh siswa memperoleh rata-rata skor 3,4 termasuk kategori Sangat Baik. Peningkatan motivasi belajar sebesar 7,14% dari 71,78% menjadi 78,92%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Web Blog, Motivasi Belajar, Perusahaan Dagang, ADDIE.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.