PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Shabrina Irmayanti Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mahendra Adhi Nugroho Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog bagi siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,68 termasuk kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,97 termasuk kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,7 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Penilaian kelayakan oleh siswa memperoleh rata-rata skor 3,4 termasuk kategori Sangat Baik. Peningkatan motivasi belajar sebesar 7,14% dari 71,78% menjadi 78,92%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Web Blog, Motivasi Belajar, Perusahaan Dagang, ADDIE.

Downloads

Published

10/24/2016

How to Cite

Irmayanti, S., & Nugroho, M. A. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11366