PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMKN 1 TEMPEL
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan harian guru. Analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dari sikus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi sebesar 26,37% (relatif) dan 18,75% (absolut) dari siklus I sebesar 71,09% menjadi sebesar 89,84% pada siklus II.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Media Roda Putar Akuntansi, Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa, SMK Negeri 1 Tempel
Full Text:
(35 - 44)DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.