EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2014

Kaifan Nur Jannah, Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana BOS SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman Tahun 2014 yang ditinjau dari komponen konteks, input, proses, dan hasil/produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi kuantitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP Stufflebeam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 125 responden. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif Z score kemudian ditransformasikan ke dalam T score selanjutnya diverifikasi ke dalam prototype kuadran Glickman. Hasil analisis data diperoleh prototype variabel konteks, input, proses, dan produk dengan posisi CIPP ( + + - + ) pada kategori cukup efektif. Meskipun tergolong dalam kategori cukup efektif, namun terdapat kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program BOS baik dari variabel konteks, input, proses, maupun hasil. Untuk itu disarankan: (1) peningkatan pemahaman mengenai kebijakan program BOS, tujuan program BOS; (2) peningkatan kualitas sumber daya manusia, sosialisasi/pelatihan, organisasi/manajemen, dan dana operasional; (3) perencanaan program secara matang, penyaluran dana tepat waktu, pemanfaatan dana pada kebutuhan riil, monitoring dan evaluasi yang berkala dan objektif; (4) program peningkatan prestasi akademik dan non akademik bagi siswa.

Kata Kunci: Efektivitas, Model CIPP, Dana Bantuan Operasional Sekolah.


Full Text:

(1 - 9)


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.