PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL

Syahida Norviana, Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Annisa Ratna Sari, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik  analisis  data  yang digunakan  yaitu  analisis  statistik  deskriptif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Ular Tangga layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari penilaian ahli media bahwa kelayakan aspek rekayasa media dan aspek komunikasi visual sebesar 71,17% dan 71,76% dengan kategori “Layak” dan penilaian ahli materi bahwa kelayakan aspek pembelajaran sebesar 88,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa pada aspek rekayasa media dalam uji coba perorangan sebesar 85% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil 91% dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan seberar 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa pada aspek komunikasi visual dalam uji coba perorangan sebesar 88,36% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil 90,67%  dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan seberar 86,78%  dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa pada aspek pembelajaran dalam uji coba perorangan sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil 81,57%   dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan seberar 82,83% dengan kategori “Sangat Layak”.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga


Full Text:

(71 - 80)


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.