IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Authors

  • Wagiarti Wagiarti Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Isroah Isroah Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan Partisipasif antara penulis dengan guru mata pelajaran akuntansi selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskripstif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi. Terjadi peningkatan skor di setiap indikator aktivitas belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II serta peningkatan  skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi dari siklus I sebesar 70,81% menjadi 85,09% pada siklus II atau meningkat 14,28%. Prestasi Belajar Akuntansi meningkat dihitung dari nilai rata-rata post test siklus I sebesar 71,63 meningkat menjadi 78,48 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 30,44%, yang dihitung dari ketuntasan belajar pada post test siklus I sebesar 56,52% meningkat pada siklus II 86,96%.                   

Kata Kunci:  Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi

Downloads

Published

08/08/2016

How to Cite

Wagiarti, W., & Isroah, I. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10308