IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Wagiarti Wagiarti, Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan Partisipasif antara penulis dengan guru mata pelajaran akuntansi selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskripstif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi. Terjadi peningkatan skor di setiap indikator aktivitas belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II serta peningkatan  skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi dari siklus I sebesar 70,81% menjadi 85,09% pada siklus II atau meningkat 14,28%. Prestasi Belajar Akuntansi meningkat dihitung dari nilai rata-rata post test siklus I sebesar 71,63 meningkat menjadi 78,48 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 30,44%, yang dihitung dari ketuntasan belajar pada post test siklus I sebesar 56,52% meningkat pada siklus II 86,96%.                   

Kata Kunci:  Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

(48 - 57)


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.