PENGARUH PEKERJAAN RUMAH DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah 96 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan pada 31 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Yogyakarta. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linieritas dan multikolinieritas.Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Ry(1,2)= 0,423; R2y(1,2)= 0,179; Fhitung = 10,144 > Ftabel =3,09, sumbangan efektif sebesar 17,9%.
Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi,Pekerjaan Rumah, Minat Belajar Akuntansi
Full Text:
(23 - 36)DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.