Analisis kemampuan menggambar sederhana guru paud mulyodadi, bantul

Prayitno Prayitno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sudaryanti Sudaryanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Harun Harun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amir Syamsudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Joko Pamungkas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan menggambar di PAUD adalah kegiatan yang sering dilakukan sebagai media bermain sekaligus belajar anak-anak. Kemampuan menggambar sederhana bagi guru-guru PAUD merupakan salah satu keterampilan yang mendasar. Keterampilan tersebut untuk membekali guru saat proses pembelajaran, baik untuk memberikan tutorial menggambar ataupun hanya untuk menstimulasi anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan menggambar sederhana guru PAUD. Metode dalam penelitian ini adalah qualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 37 guru PAUD di Kalurahan Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi karya gambar. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu karya gambar dianalisis menggunakan instrumen atau penilaian karya gambar, kemudian disajikan dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil dari penelitian ini terdapat 17 guru memiliki kategori terampil atau sekitar 46%, 15 guru memiliki kategori cukup terampil atau sekitar 41%, dan 5 guru memiliki kategori kurang terampil atau sekitar 13% dari 37 guru PAUD.

Keywords


Analysis, the abilty to draw simply, paud teacher

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative Research Designs: Selection and Implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264. https://doi.org/10.1177/0011000006287390

De Andrade, V., Freire, S., Baptista, M., & Shwartz, Y. (2022). Drawing as a space for social-cognitive interaction. Education Sciences, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci12010045

Falvell, J. H., & Piaget, J. (1963). The Developmental Psychology of Piaget. Litton Educational Publishing.

Kamching, F. D. (2002). Menggambar suatu Proses Kreatif. Erlangga.

Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Nomor 7. Kemendikbudristek RI.

Lowenfeld, V., & Brittain, W. L. (1964). Creative and Mental Growth: Fourth Edition. The Macmillan Company.

Mahmudah, D., & Watini, S. (2022). Meningkatkan motorik halus melalui kegiatan menggambar dengan model atik di tk pertiwi vi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 668–672. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.481

Mayar, F. (2021). Mengambar Melalui Ekspresi Bebas Anak Usia Dini. Deepublish.

Mendikbudristek RI. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Montessori, M. (1912). The Montessori method: Scientific Pedagogy as Applied to Child Education in “the Children’s Houses” with Additions and Revisions. Frederick A. Stokes Company.

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan menggambar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461–469. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Piaget, J. (1929). The Child s Conception of the World (Vol. 6, Issue August). Routledge and Kegan Paul LTD.

Prayitno. (2023). Kompetensi profesional guru sanggar gambar anak usia dini ( 4-6 tahun). 08(02), 161–173. https://doi.org/10.24903/jw.v

Prayitno, P. (2022). Tipologi gambar anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 130–137. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.53667

Prayitno, P., Syamsudin, A., Pamungkas, J., Harun, H., & Sudaryanti, S. (2021). Implementasi pembelajaran seni rupa PAUD di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 128–136. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.44103

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang tentang Guru dan Dosen Nomor 14. Republik Indonesia.

Read, H. (1958). Education Trought Art. Faber and Faber.

Salam, S., Sukarman, B., Hasnawati, & Mahemin, M. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa (Vol. 1). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sari, A. H. (2020). Studi kasus strategi guru dalam kegiatan menggambar untuk pengembangan seni rupa anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 150–155. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.905

Shalehah, N. A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui model project based learning di satuan paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–24.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (6th ed.). Alfabeta.

Suharto, S. (2009). Sistem penilaian karya seni rupa dan kerajinan. Imaji, 7(2), 183–190. https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6634

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2022). Projek Penguatan Profil Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi-Proses Belajar-Gambar Anak. Erlangga.

Wulandari, D., Naibaho, L. S., Putri, L. A., Kirana, B. M. S., Ardhianto, D. G., & Haidar, A. (2022). Pelaksanaan pembelajaran seni rupa di masa pandemi covid-19: studi kasus tk/ra ma’arif candran. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.42029

Zakaria, M. Z., Yunus, F., & Mohamed, S. (2021). Drawing activities enhance preschoolers socio emotional development. Southeast Asia Early Childhood Journal, 10(1), 18–27. https://doi.org/10.37134/saecj.vol10.1.2.2021

Zeynep, C., & Gunes, N. (2021). Drawing as a means of self-expression: A case study. Early Child Development and Care, 191(1), 136–147. https://doi.org/https://eric.ed.gov/?q=drawing+child&id=EJ1286130




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.67521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats