Peran platform merdeka mengajar dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru penggerak di kapanewon sleman

Authors

  • Vivi Kusumastuti Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.57076

Keywords:

Merdeka Mengajar Platform, guru penggerak, teacher competention

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuat sebuah terobosan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Terobosan tersebut dilakukan melalui pembuatan akun belajar.id yang dapat digunakan salah satunya untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran PMM dalam peningkatan kompetensi pedagogik khususnya bagi guru penggerak di Kapanewon Sleman. Subjek penelitian adalah 5 orang Guru Penggerak Angkatan 3 di Kapanewon Sleman.  Guru penggerak merupakan guru terpilih dari serangkaian seleksi. Sosok guru penggerak merupakan motor penggerak dan katalis perubahan pendidikan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan mengunakan kuesioner dan observasi non partisipan. Teknik analisis data menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Platform Merdeka Mengajar terhadap peningkatan kompetensi pedagogis bagi guru penggerak di Kapanewon Sleman, belum memberi hasil yang maksimal. Kondisi ini disebabkan karena dalam masa pemulihan pembelajaran di tahun pertama, satuan pendidikan masih diberi 3 pilihan kurikulum. Namun demikian, dalam pelaksanaan pembelajaran, para guru penggerak telah melakukan penyesuaian dengan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada anak.

References

Didik, P., & Kependidikan, D. A. N. T. (2020). Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 021, 6–9.

Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogis Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1359. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14059

Halim Yustiyawan, R., Supriyanto, A., & Mustiningsih. (2016). Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Paud Di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan : Teori, Peneltian dan Pengembangan, 1(7), 1297–1304.

Helmi, S. (2017). Filsafat Ilmu dan Metode Riset (Nomor September 2008).

Jenderal, S., Teknis, P., Data, P., Pendidikan, P., Akun, U., Layanan, A., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., Jenderal, S., Pendidikan, K., & Teknologi, D. A. N. (2021). jdih.kemdikbud.go.id.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Pendidikan, K., Hasan, M., & Selatan, T. (2022). Platform Merdeka Mengajar Bantu Jutaan Guru Tingkatkan Kompetensi.

Ratnasari, S. langgeng. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja. Manajemen Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i1.11149

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi Akademik Dan Kompetensi Pedagogis Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261

Yuslam, Y., Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2017). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana PG-PAUD Dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04

Downloads

Published

2023-12-07