Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun
Sri Sumarni, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia (5-6) tahun di Desa Muara Dua Kecamatan Pemulutan Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat orang tua yang memiliki anak usia (5-6) tahun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data mengggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membina perkembangan sosial anak yaitu orang tua berperan sebagai pembimbing, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai pengawas, dan orang tua sebagai teman bagi anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1493.
Ardiansyah, & Arda. (2020). The role of parents in children’s learning process during the covid-19 pandemic in cultivating scientific attitudes. Musawa, 12(1), 140–164.
Erzad, A. M. (2018). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Hamzah, N. (2020). Pengembangan sosial anak usia dini. IAIN Pontianak Press.
Hardiningrum, A., & Firdaus. (2020). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan sosial anak. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 11–19.
Husna, A., & Suryana, D. (2021). Analisis pola asuh demokratis orang tua dan implikasinya pada perkembangan sosial anak di desa koto iman kabupaten kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10128–10140.
Istiadaningsih, D., Adisel, & Fitriana, S. (2021). Peran orang tua dalam mensukseskan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas III sekolah dasar. Journal of Elemantary School (JOES), 4(1), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2024
Izza, H. (2020). Meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini melalui metode proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Juliastuti, N. I. N., Sugiarti, & Mudita, I. W. (2020). Peran orang tua dalam mengatasi seks bebas remaja hindu di desa lolimori. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11, 123–136.
Karisa, N. N. (2022). Peran orang tua dalam menanamkan rasa percaya diri pada anak usia dini melalui metode bercakap-cakap di asa Pandpemi covid-19 (Vol. 19). Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran orang tua dalam mengembangkan perilaku berbagi dan menolong pada anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian orang tua dalam mendukung keterampilan sosial anak selama pandemi covid-19. Jurnal Obses: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1),373–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Makarau, N. I., & Suyadi. (2022). Peran orang tua dalam mendampingi kegiatan bermain gawai pada anak. Jurnal Golden Age, 6(01), 32–40. https://doi.org/https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v5i01.4610
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan aspek sosial-emosional dan kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk anak usia 4-6 tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, 1–15. https://files.osf.io/v1/resources/p5gu8/providers/osfstorage/5bd78b599faf610017d936d5?action=download&direct&version=1
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan aspek sosial anak usia dini di taman kanak-kanak aba iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan sosial anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821
Nurfazrina, S. A., Muslihin, H. Y., & Sumardi, S. (2020). Analisis kemampuan empati anak usia 5-6 tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 285–299. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30447
Rachmi, T., & Urpiah, S. (2020). Penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Mekarjaya Kec.Sepatan Kab.Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 22. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2856
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman orang tua mengenai urgensi bermain dalam meningkatkan Perkembangan sosial anak usia dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Resmasari, Y. (2020). Tingkat keterampilan sosial anak tk kelompok b di gugus II kecamatan berbah sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 150–157. https://doi.org/1021831/jpa.v9i2.31403
Rizki, D. S., & Hanik, E. U. (2021). Studi analisis persiapan orang tua selama pembelajaran daring kelas 1 SDN 01 Kajeksan Kudus. Journal of Education Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 15–23. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.220
Rohayani, F. (2020). Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidik anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.
Rustari, L., & Ali, M. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah. Jurnal: Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35858
Sari, D., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Peran orang tua dalam proses penyesuaian diri anak usia dini terhadap kegiatan pembelajaran di rumah. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 149–160.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini di masa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Wijayanto, A. (2020). Peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263
Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran orang tua dalam mendampingi anak menggunakan media sosial di tengah pandemi covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 105. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.55121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats