Analisis karakter peduli sosial anak usia dini dalam film animasi riko the series
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.54471Keywords:
social care characters, animated films, and early childhoodAbstract
Penelitian ini mengkaji film animasi Riko The Series dari aspek karakter peduli sosial untuk anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan karakter peduli sosial dalam film animasi Riko The Series. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Peneliti mengkaji dan menganalisis isi dari film animasi Riko The Series sebagai sumber data dari aspek karakter peduli sosial. Hasil dari penelitiannya adalah karakter peduli sosial di dalam film Animasi Riko The Series terdiri atas: (a) peduli sosial empati yaitu peduli sosial kaitannya dengan sikap seseorang yang seolah-olah merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, (b) peduli sosial kerjasama yaitu peduli sosial yang kaitannya dengan upaya yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu, (c) peduli sosial tolong menolong yaitu peduli sosial yang kaitannya dengan perilaku menolong orang lain yang membutuhkan bantuan tanpa mengharapkan imbalan. Dari sinilah, karakter peduli sosial dalam film animasi Riko The Series sesuai dengan perkembangan sikap sosial anak usia diniReferences
Adi, B. S., Sudaryanti, & Mutmainnah. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39.
A. Tabi'in. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. Jurnal Ijtimaiya. 1(1).
Agung, Putry, & Asmira, Y.D. (2018). Pengembangan model pendidikan karakter peduli sosial melalui metode bermain peran di tk tunas mekar indonesia bandar lampung. Jurnal Caksana Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2).
Bahri, I.S. (2020. Perlindungan upah bagi pekerja badan usaha milik desa. Yogykarta: Bahasa Rakyat.
Fauzi. (2021). Menguatkan peran pendidikan keluarga. Purwokerto: Stain Press.
Hardani. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hartati A., & Haeratunnisa. (2019). Pengaruh konseling behavioristik terhadap perilaku menolong pada siswa kelas XI IPS SMA N 5 Mataram. Jurnal Realita.
Hutami, D. (2020.) Pendidikan karakter kebangsaan untuk anak: Peduli lingkungan dan peduli sosial. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara.
Koesoema, D. (2015). Pendidikan karakter. Jakarta: Grasindo.
McDonald, K. (2010). Cara bekerja sama dan memimpin orang. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nurbaiti A., Supriyono, Kurniawan H. (2022). "Karakter peduli sosial anak usia dini dalam film animasi diva the series". PAUDIA,11(1).
Nursalim, Muhammad Nawir, Suardi, & Hasnah K. (2020). Model pendidikan karakter pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. AA. Rizky.
Rosidatun. (2018). Model implementasi pendidikan karakter. Gresik: Caremedia Communication.
Samrin. (2016). Pendidikan karakter (Sebuah pendekatan nilai). Jurnal Al-Ta'dib.9(1).
Sari, Milya, & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural science. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syafrudin, Chabib, & Pujiyono, W. (2013). Pembuatan film animasi pendek "dahsyatnya sedekah" berbasis multimedia menggunakan teknik 2D hybrid animation dengan pemanfaatan graphic." Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1(1).
Umar, Sidiq, & Choiri, M.M. (2019). Metode penelitian kualitatif bidang pendidikan. Ponorogo: IAIN Ponorogo Press.
Wallur, V. (2010). Mengoptimalkan kepedulian sosial masyarakat. Jakarta: Grasindo.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: Landasan, pilar, dan implementasi. Jakarta: Prenada.