Tolok Ukur Penilaian Ekspresi Gambar Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun

Prayitno Prayitno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Karya gambar merupakan salah satu media komunikasi rupa anak-anak, komunikasi tersebut divisualisasikan oleh ekspresi gambar. Setiap anak terutama anak usia dini memiliki ekspresi gambar berbeda-beda, ada yang baik, cukup baik, bahkan ada yang kurang baik. Tujuan penulisan artikel penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagiamana tolok ukur penilaian ekspresi gambar anak usia dini usia 4-6 tahun, dari tiga tempat lembaga pendidikan (tempat kursus atau sanggar) di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu dianalisis dengan instrumen penilaian gambar anak. Fokus kajian penelitian ini meliputi karya gambar, bentuk objek gambar dan warna dari hasil karya gambar anak usia dini usia 4-6 tahun. Dari hasil analisis penulis bahwa ekpresi gambar yang baik terdapat sekitar tiga perempat dan ekspresi gambar dengan kategori cukup baik terdapat sekitar seperempatnya dari jumlah keseluruhan. Aspek dalam menilai karya gambar anak usia dini ini dibuat sederhana,  sehingga mudah dipahami oleh guru-guru TK (Taman Kanak-Kanak). Hasil penelitian ekspresi gambar anak usia dini ini dapat dijadikan referensi serta dapat membantu guru TK (Taman Kanak-Kanak) dalam mengapresiasi karya gambar anak didiknya.

Keywords


tolak ukur, penilaian ekspresi gambar , anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan, metode dan paradigma baru. Bandung: Rosdakarya.

Martani, W. (2012). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi, 39

(1), hlm. 112-120.

Kunandar. (2015). Penilaian autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prayitno. (2019). Pembelajaran menggambar berbasis cerita. Jurnal Pendidikan Anak. 8 (2), hlm. 149-

Putri, S.S.I. dan Trisakti. (2019). Pembelajaran menggambar dengan accelerated drawing technique (ADT) untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (2), hlm. 107-115.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Salam, S. dkk. (2020). Pengetahuan dasar seni rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM. Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosdakarya Tabrani, P. (2014). Proses kreasi proses belajar gambar anak. Jakarta: Erlangga.

Tim Dosen Pendidikan Seni Rupa. (2003). Pendidikan seni rupa untuk mahasiswa PGSD/PGTK, guru SD dan guru TK. Bandung: Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats