Penerapan Pembelajaran Literasi di TK RumahKu Tumbuh

Mamada Arlistya Putri, Early Childhood Education of Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Literasi perlu dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran literasi di TK RumahKu Tumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran literasi sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) faktor pendukung meliputi: a) kurikulum literasi dengan sinergitas tri pusat pendidikan yang sudah efektif, b) tenaga pendidik yang rutin mengikuti upgrading dan bedah buku untuk mengasah pengetahuan, c) orang tua anak yang support dalam pembelajaran literasi, dan d) fasilitas literasi yang mendukung. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran literasi; 3) respon anak terhadap pembelajaran literasi sangat baik.

Keywords


penerapan, pembelajaran, literasi, TK

Full Text:

PDF

References


Association of School Librarians and Association of Educational Communications Technology. (1998). Information standars for student learning. Diambil pada tanggal 4 Juni 2020, dari http://www.ala.org/ala/aasl/aaslproftools/informationpower/infomationLiteracyStandards_final.pdf.

Darwis, M. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 3, No. 2. Diakses pada tanggal 25 Januari 2020.

Depdiknas. (2001). Pedoman penyelenggaraan pendidikan pada kelompok bermain. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan kemampuan kerja sama melalui kegiatan kerja kelompok pada anak kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Diakses pada tanggal 25 Januari 2020.

Ghony, M. D. & Almanshur, F. (2012). Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rasyid, Mansyur, & Suratno (2009). Asesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Masyarakat.

Miles dan Huberman. (2014). Qualitative data analyzis. California: Sage publication, inc.

Ramadani, R. (2016). Meningkatkan keterampilan berbicara melalui penggunaan media panggung boneka pada kelompok A1 TK Madukismo. Jurnal Pendidikan Anak 5(2). 808-816. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12378

Santoso, S. (2011). Dasar-dasar pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Solehudin, M. (2004). Memfasilitasi perkembangan berpikir dan kreativitas PAUD. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toharudin, dkk. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats