Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741Keywords:
Symbolic Thinking, Skill, and Class B of Kindergaten.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data identifikasi kemampuan berpikir simbolik anak-anak kelompok B di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik dalam kategori belum berkembang dengan persentase nilai 49,3%. Persentase tersebut didapat dari indikator menunjukkan lambang bilangan 1-10 sebesar 49,7% kriteria MB, melingkari angka lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda sebesar 48,6% kriteria MB, menghitung benda menggunakan bilangan sebesar 50,2% kriteria MB, mampu mengelompokkan benda sesuai dengan jumlah bilangan sebesar 50% kriteria MB, mencocokkan lambang huruf vokal dan konsonan sesuai dengan benda sebesar 48,63% kriteria MB, mampu menggunakan huruf untuk mengenal dirinya sebesar 49% kriteria MB, mampu membedakan lambang huruf vokal dan konsonan sebesar 48,1% kriteria MB, mampu menebalkan huruf terputus-putus sebesar 49,7% kriteria MB, mengelompokkan gambar sesuai dengan jenis yang sama, sebesar 49,7% kriteria BB, mengelompokan benda sesuai dengan namanya sebesar 50,6% kriteria MB, mampu menulis sesuai dengan nama gambar sebesar 48,8% kriteria MB.References
Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hidayat, & Maulidiyah, E.M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui
Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 2, Desember 2014. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12376
Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Nurbiana, D dkk. (2015). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nursyamsiah, H., dkk. (2019). Kemampuan berpikir simbolik anak usia dini pada usia 5-6 tahun.
Jurnal Ceria 6(2).2.
Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2014). Experience human development 12th ed
(menyelami perkembangan manusia). (Penerjemah Fitriana Wuri Herarti). Jakarta: Salemba Humanika.
Permendikbud No 137 (2014). STPPA (standar tingkat pencapaian perkembangan anak). Departemen
Pendidikan Nasional RI.
Permendikbud No 146. (2014). Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Permendikbud No 146. (2014). Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukmadinata, N.S.(2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2012). Proses habituasi nilai disiplin pada anak usia dini dalam kerangka
pembentukan karakter bangsa. Jurnal Sosioreligi, 15 (2).22-24.
Trisnawati. (2014). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui metode permainan kartu huruf
pada kelompok B1 TK ABA ketanggungan wirobrajan yogyakarta. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Yoni, A.(2010). Menyusun penelitian tindakan kelas.Yogyakarta: Famili.