Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Authors

  • Khomsin Khomsin Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Rahimmatussalisa Rahimmatussalisa Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Keywords:

kemampuan bahasa Inggris, media permainan ular tangga, anak usia dini

Abstract

Kemampuan bahasa Inggris merupakan kemampuan berbahasa yang penting pada era sekarang ini. Pada tahap usia dini menjadi waktu yang tepat untuk proses pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (K2). Penggunaan media pembelajaran yang berupa permainan akan lebih mudah diterima oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas penggunaan media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Teknik analisis data menggunakan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan yang sangat signifikan (p-value = 0,000 < 0,05) dalam kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris pada subjek antara sebelum dengan setelah diberi perlakuan melalui permainan ular tangga. Dengan kata lain, permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini.

References

Agustiya, dkk. (2017). Influence of CTL model by using monopoly game media to the student's motivation and science learning outcomes. Journal of Primary Education.6 (2).114-119

Arikan, A. & Taraf H. U. (2010). Contextualizing young learners english lessons with cartoons: Focus on grammar and vocabulary. Procedia Social and Behavioral Science, 2(2), 5212-5215. https://doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.848

Askalin. (2013). 100 Permainan dan perlombaan rakyat. Yogyakarta: ANDI.

Badriyah, K. (2018). Improving motor skills and math logic through the method of traditional games engklek in early childhood. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. https://doi:10.2991/icetep-18.2019.73.

Baroody, A. E., Rimm-Kaufman, S.E., Larsen, R. A., & Curby, T. W. (2016). A multi-methode approach describing the contributions of student. Learning and individual differences, 48, 54-60. https;//doi: 10/1016/j/lindif.2016.02.012.

Charlotte, A.H. (2014). Pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini versus budaya local. Cakrawala Dini, 5(2).

De Porter. (2007). Quantum teaching. Bandung: Kaifa.

Demircioglu, S. (2010). Teaching English vocabulary to young learner via drama. Procedia Social and Behavioral Science 2, 439-443. https://doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.039.

Depdiknas. (2005). Pedoman pembelajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

EPI, E. (2016). Indeks kecakapan Bahasa Inggris EF. Education First. Diakses dari http:/www.ef.co.id/epi/downloads/.

Golchai, B., Nazari, N., Hassani, F., Nasiri E., Ghasemnejad, R., & Jafari, Z. (2012). Snakes and ladders: A new method for increasing of medical students excitement. Procedia Social and Behavioral Sciences, 47, 2089-2092.https://doi:10.1016/j.sbspro.2012.06.954

Goriot, C., Broersma, M., McQueen, J. M., Unsworth, A. & Hout, R. V. (2018). Language balance and switching ability in children acquiring English as a second language. Journal of Experimental Child Pychology, 173, 168-186. https://doi: 10.1016/j.jecp.2018.03.019.

Harras, K. A. & Bachari, A. D. (2009). Dasar-dasar psikolinguistik. Bandung: UPI Press.

Hasnidah. (2015). Media pembelajaran kreatif. Jakarta: Luxima Metro Media.

Indianto, S. (2015). Kiat-kiat mempertajam daya ingat hafalan pelajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Indriani, R. (2019). Kemampuan bahasa Inggris orang Indonesia masih rendah, ini buktinya. Diakses dari https://www.suara.com/lifestyle/2019/08/23/120739/kemampuan-bahasa-inggris-orang-indonesia-masih-rendah-ini-buktinya.

Indrijati, H. dkk. (2016). Psikologi perkembangan pendidikan anak usia dini (sebuah bunga rampai). Jakarta: Kencana.

Izquierdo, J., Martinez, V. G., Pullido, M. G. G., Zuniga, S. P. A. (2016). First and target language use in public language education for young learners: Longitudinal evidence from Mexican secondary-school classrooms. System, 61, 20-30. https://doi: 10.1016/j.system.2016.07.006.

Lauder, A. (2008). The status and function of English in Indonesia: a review of key factors. Makara, Sosial Humaniora, 12(1): 9-20.

Legault, J., Grant, A., Fang, S., & li, P. (2019). A longitudinal investigation of structural brain changes during second language learning. Brain and Languange, 197. https://doi: 10.1016/j.bandl.2019.104661.

Miranti, I., Engliana, & Hapsari, F. S. (2015). Penggunaan media lagu anak-anak dalam

mengembangkan kemampuan kosakata bahasa Inggris peserta didik di PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Nurrahman, A. (2017). Peran serta media pembelajaran dalam memfasilitasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak 7(2). 101-105. https://doi. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453

Permendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 137, tahun 2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.

Ramadani, R. (2016). Meningkatkan keterampilan berbicara melalui penggunaan media panggung boneka pada kelompok A1 TK Madukismo. Jurnal Pendidikan Anak 5(2). 808-816. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12378

Stakanova, E., & Tolstikhina, E. (2014). Different approaches to teaching English as a foreign language to young learner. Procedia Social and Behavioral Science. 146, 456-460. https.//doi: 10.1016/j.sbspro.2014.08.154

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan (untuk pendidikan anak usia dini). Jakarta: Grasindo.

Supardi, S. 2010. Gaya mengajar yang menyenangkan siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Suryana, D. (2013). Pendidikan anak usia dini (teori dan praktik pembelajaran). Padang: UNP

Winkle. (2004). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Gramedia.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Zaman, B., Hernawan A.H. dan Eliyawati, C. (2005). Media dan sumber belajar TK. Modul universitas terbuka. Jakarta:

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872