Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun

Widya Dwi Hardiyanti, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract


Keterampilan yang harus dikuasai di abad ke-21 adalah kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Ini sejalan dengan Teori Bloom bahwa kreativitas adalah kemampuan tertinggi dalam aspek perkembangan kognitif. Karena itu kreativitas penting diberikan kepada Pendidikan Anak Usia Dini. Pembelajaran anak usia dini untuk merangsang kreativitas dilakukan melalui berbagai kegiatan. Kegiatan yang diterapkan belum merujuk pada analisis yang diperlukan sesuai dengan standar pembelajaran anak usia dini. Kegiatan untuk merangsang kreativitas anak usia dini perlu disempurnakan dengan menyesuaikan pada tahapan anak, yaitu belajar melalui bermain. Bermain harus bisa merangsang tujuan yang ingin dicapai. Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk merangsang pengembangan kreativitas anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan melakukan studi buku dan jurnal. Hasil analisis studi teoritis menunjukkan bahwa bermain berdasarkan kegiatan seni lukis dapat membantu merangsang kreativitas anak usia dini. Ini karena aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis memprioritaskan kebebasan anak dalam mengekspresikan dirinya. Kegiatan mengekspresikan diri akan secara aktif menumbuhkan imajinasi anak. Kreativitas membutuhkan kebebasan berekspresi dan bermain berdasarkan kegiatan seni lukis sebagai tautan yang tepat untuk membantu merangsang kreativitas anak usia dini.

Keywords


anak usia dini, bermain, kreativitas, melukis

Full Text:

PDF

References


Arda, Z. (2009). Art instruction in pre-school education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 150–153. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.028

Arslan, A. A. (2014). A Study into the Effects of Art Education on Children at the Socialisation Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4114–4118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.900

Gencer, A. A., & Gonen, M. (2015). Examination of The Effects of Reggio Emilia Based Projects on Preschool Children’s Creative Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186(312), 456–460. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.120

Hun, R., & Cheung, P. (2013). Exploring the use of the pedagogical framework for creative practice in preschool settings : A phenomenological approach. Thinking Skills and Creativity, 10, 133–142. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.08.004

Oǧuz, V. (2010). The factors influencing childrens’ drawings. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3003–3007. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.455

Oncu, E. C., & Unluer, E. (2010). Preschool children’s using of play materials creatively. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4457–4461. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.711

Putri, S. S. I., & Trisakti, T. (2019). Pembelajaran Menggambar dengan Accelerated Drawing Technique (ADT) untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28779

Rizi, C. E., Yarmohamadiyan, M. H., & Gholami, A. (2011). The effect group plays on the development of the creativity of six-year children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(2010), 2137–2141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.067

Tuğrul, B., Uysal, H., Güneş, G., & Okutan, N. Ş. (2014). Picture of the Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3096–3100. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.714

Wolska-Długosz, M. (2015). Stimulating the Development of Creativity and Passion in Children and Teenagers in Family and School Environment – Inhibitors and Opportunities to Overcome them. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2905–2911. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1027

Zahra, P., Yusooff, F., & Hasim, M. S. (2013). Effectiveness of Training Creativity on Preschool Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 102(Ifee 2012), 643–647. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.782




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats