Tingkat keterampilan sosial anak tk kelompok b di gugus II kecamatan berbah sleman Yogyakarta

Yuana Resmasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan sosial anak TK Kelompok B di Gugus II Kecamatan Berbah, Sleman. Penelitian ini fokus pada keterampilan sosial meliputi keterampilan berkomunikasi, menjadi bagian kelompok, kerja sama, kontrol diri, empati dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah berjumlah 93 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah, Sleman masuk dalam tingkat yang sangat tinggi karena mencakup 49 anak dengan persentasenya 53%; kemudian pada tingkat yang tinggi berjumlah 30 anak dengan persentasenya 32%; tingkat sedang berjumlah 13 anak dengan persentasenya 14%; tingkat rendah berjumlah 1 anak dengan persentasenya 1%; dan tingkat yang sangat rendah berjumlah 0 anak dengan persentasenya 0%. Keluarga, lingkungan, dan sekolah memiliki peran penting dalam perolehan keterampilan sosial anak yang sangat tinggi.

Keywords


keterampilan sosial, anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References


Ambrose, H. (2013). Young children's emotion regulation and social skills: the role of maternal emotional socialization and mother-child interactional synchrony. Diakses pada tanggal 11 Februari 2019 dari https://core.ac.uk/download/pdf/72774695.pdf.

Arslan, E., Saltali, N.D & Yilmaz, H. (2011). Social skills and emotional and behavioral traits of preschool children. Social Behavior and Personality An International Journal, 39 (9), 1281-1288.

Ayouby. (2017). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Diakses pada tanggal 26 April 2019 dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://digilib.unila.ac.id/27131/3/SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eleby, C. (2009). The impact of a student's lack of social skills on their academic skills in high school. Diakses pada tanggal 20 Februari 2019 dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED529283.pdf

Elliot, S.N. (1990). Social skills development social skills development in early childhood in early childhood enabling learning, growing friends. Diakses pada tanggal 11 Februari 2019 dari www. images.pearsonassessments.com/.../ec_socialskills_elliott.pdf.

George,S.M. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. (Terjemahan Suci Romadhona dan Apri Widiastuti) Jakarta: Indeks.

Hurlock, E.B. (2011). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Terjemahan Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga

Izzaty, R.E, Setiawati, F.A. & Ayriza, Y. (2017). Pengembangan buku program pembelajaran keterampilan sosial bagi guru taman kanak-kanak. Jurnal Peneletian Ilmu Pendidikan, 10 (1), 3-39.

Kilic, K.M & Aytar, F.A.G. (2017). The effect of social skills training on social skills in early childhood, the relationship between social skills and temperament. Journal Faculty of Education. 42 (191). 185.

Lynch, S.A & Simpson, C.G. (2010). Social skills: laying the foundation for success. Dimensions of Early Childhood. 38 (2) 3.

Olcer, S.A & Aytar, A. (2014). A comparative study into social skills of five-six year old children and parental behaviors. Procedia –Social, Behavior, Sci,14, 976-99.

Presiden. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Reid, K., Littlefield, L & Hammond. (2008). Early intervention for preschoolers with behaviour problems: preliminary findings for the exploring together preschool program. Australian e-Journal for the Advancement of Mental Health, 7(1), 1-2.

Sudjana, N. (1997). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. & Syaodih, N (2010). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Thalib, S,B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Kencana Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats