Hubungan pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan empati anak

Ajeng Putri Pradevi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak sebesar 0,491>0,05. Dari 105 orang tua, terdapat 53 orang tua (50,50%) berada pada kategori pengawasan yang sangat tinggi, 45 orang tua (42,90%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 6 orang tua (5,70%) pada kategori cukup, dan 1 orang tua (1,00%) berada pada kategori pengawasan yang rendah. Sedangkan kemampuan berempati anak mayoritas berada pada kategori tinggi yakni sebanyak 66 anak (62,90%), pada kategori sangat tinggi sebanyak 29 anak (27,60%), kategori cukup sebanyak 10 anak (9,50%), dan tidak terdapat anak yang memiliki tingkat kemampuan berempati yang rendah.


Keywords


pengawasan orang tua, gadget, empati, anak

Full Text:

PDF

References


Al-Ayouby, H. (2017). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung). Diakses pada tanggal 9 Januari 2018 pukul 19.30 WIB melalui http://digilib.unila.ac.id.

Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Elicay, K. (8 Januari 2018). Screen dependency disorder is real, and it damages your child's brain. https://www.smartparenting.com.

Fajrina, H.N. (4 November 2015). Tingkat kecanduan gadget di usia dini semakin menghawatirkan. https://www.cnnindonesia.com.

Kabali, H., Irigoyen, M.M, Davis, R.N., et al. (2015). Exposure and use of mobile media devices by young children. Diambil pada tanggal 30 Maret 2019, dari https://pediatrics.aappublications.org.

Prihendityo, E. (28 November 2016). Anak pecandu gawai resahkan orang tua. https://www.cnnindonesia.com.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Redaksi. (29 September 2014). Anak kecanduan gadget, ada dampak fisik dan psikis. https://gaya.tempo.co.

Redaksi. (27 januari 2017). 4 dampak positif gadget. https://www.motherandbaby.co.id.

Setiawati, F.A. (2007). Social life skill untuk anak usia dini: empati. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Shapiro, Lawrence. (1997). Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Jakarta: Gramedia Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats