Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa

Banu Setyo Adi, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
sudaryanti sudaryanti, JURUSAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FIP UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
Muthmainah Muthmainah, JURUSAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FIP UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia

Abstract


Permainan tradisional memiliki manfaat yang beragam untuk pengembangan anak usia dini, termasuk membentuk karakter anak usia dini. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang cara memodifikasi permainan tradisional, kemudian menerapkannya dalam pembelajaran, serta mendiseminasikan kepada kolega guru lainnya. Metode kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan yaitu berupa empat permainan tradisional modifikasi untuk anak usia Kelompok Bermain (2-4 tahun) meliputi Lingkaran binatang (mengembangkan dari permainan tradisional Jamuran), Tanaman keliling (mengembangkan dari permainan tradisional Cublak-cublak suweng), Sayuran (mengembangkan dari permainan tradisional Jamuran), dan Lompat rintangan (mengembangkan dari permainan tradisional lompat tali), serta tiga permainan tradisional modifikasi untuk anak usia 5-6 tahun meliputi: Menara menari (mengembangkan dari permainan tradisional Boi-boi an), Bermain sebut nama (mengembangkan dari permainan tradisional Cublak-cublak suweng), dan Jamuran jeneng kewan (mengembangkan dari permainan tradisional Jamuran). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lebih dari 90% peserta pelatihan memahami pengembangan modifikasi permainan tradisional untuk mengembangkan karakter anak usia dini.


Keywords


permainan tradisional, pembelajaran, anak, karakter

Full Text:

PDF

References


Anonim . Ini 5 Nilai Pengembangan Karakter yang Dipriotitaskan Kemendikbudhttp://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/09/20/ odsubs301-ini-5-nilai-pengembangan-karakter-yang-dipriotitaskan- kemendikbud.

Dewi, R. 2005). Berbagai masalah anak taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Megawangi, R. (2003). Pendidikan karakter untuk membangun masyarakat madani. IPPK Indonesia Heritage Foundation.

Sukirman D. (2005). Permainan tradisional jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan- karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats