Peningkatan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Negeri Pembina Bantul
Abstract
Alat permainan yang edukatif dan menarik diperlukan anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membentuk bangunan melalui alat permainan balok stiker pada anak kelompok B4 di TK Pembina Negeri Tembi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian adalah 17 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 75 % anak sudah mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ataupun BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam membentuk bangunan dapat ditingkatkan melalui alat permainan balok stiker. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran, yang dapat memenuhi target 76,47 %. Hasil penilaian kemampuan anak membentuk bangunan dengan balok stiker yang mencapai BSH mengalami peningkatan sebesar 5,88%. Sedangkan hasil penilaian kemampuan anak membentuk bangunan dengan balok stiker yang mencapai BSB mengalami peningkatan sebesar 35,29%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Pamadhi, H & Sukardi, E. (2010). Seni keterampilan anak. Jakarta. Universitas Terbuka.
.......... (2015). 10 p edoman penerapan kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sujiono, Y.N dkk. (2017). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Permendikbud No 146 tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Anggoro, M.T dkk. (2011). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ahmadi, A. (1991 ). Pedoman pendidikan prasekolah. Jakarta: PT. Grasindo.
Hurlock, E.B. (1997). Psikologi perkembangan anak. (alih bahasa meitasari tjandrasa). Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. (2011 ). Penelitian tindakan. Yogyakarta: Aditya Madia.
Zulkifli. (1997). Psikologi perkembangan. Bandung: CV Remaja Karya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats