Peningkatan kemampuan keaksaraan awal melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul

Sri Sumarsih, , Indonesia

Abstract


Mengenal keaksaraan awal menjadi kemampuan dasar yang perlu distimulasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian sejumlah 20 anak, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila minimal 76 % anak sudah mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) ataupun BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal keaksaraan awal dapat ditingkatkan melalui permainan kartu angka. Hal ini ditunjukkan pada jumlah anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) mengalami peningkatan 57,89 %. Adapun langkah-langkahnya yaitu: guru menyiapkan kartu angka dan lembar kegiatan anak, anak mengambil lembar kegiatan dan kartu angka, anak bermain kartu angka dengan memilih dan menghubungkan gambar yang ada dalam lembar kegiatan dengan lambang bilangannya, dan anak mengkomunikasikan hasil menghubungkan gambar dengan kartu angka pada guru.

Keywords


kemampuan, keaksaraan awal, kartu angka, anak

Full Text:

PDF

References


Anggoro, dkk. (2011). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2011). Penelitian tindakan. Yogyakarta: Aditya Madia.

Fatimah. (2009). Fun math matematika asyik dengan metode pemodelan. Bandung: DAR Mizan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). 10 pedoman penerapan kurikulum 2013. Kementrian Pendidikandan Kebudayaan. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Permendikbud No 146 tahun 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Sujiono, Y.N. (2017). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryadin dan Rostini. (2011). Pengembangan profesi guru. penelitian tindakan kela. Bandung: CV Amalia Book.

Suryana. (2016). Pendidikan anak usia dini stimulasi dan aspek perkembangan anak. Jakarta: Kencana.

Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nusa, P dan Lastari, N.D. (2012). Penelitian kreatif pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Zulkifli. (1997). Psikologi perkembangan. Bandung: CV Remaja Karya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats