Pengaruh Permainan Interaktif Berbasis Flash Terhadap Kemampuan Mengenal Gamelan di Taman Kanak-kanak
Ika Wahyu Wiranti,
Saras Mareta Ratri,
Galuh Yuliasih Condrosari,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh permainan interaktif berbasis flash terhadap kemampuan mengenal gamelan di Taman Kanak-kanak. Kemampuan anak mengenal gamelan mencakup mengenal bentuk, nama, dan suara. Penelitian menggunakan permainan interaktif GamelanD. Sampel mengambil 15 anak kelompok B TK A1 Amien Jetis Yogyakarta. Penelitian menggunakan eksperimen sederhana model one group pretest postest. GamelanD dapat digunakan untuk melatih anak mengenal gamelan. Kenaikan rerata pretes dan posttest meliputi; 1) 3,67 pada indikator mengenal nama; 2) 3,14 pada indikator mengenal bentuk; dan 3) 4,40 pada indikator mengenal suara. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes dalam kemampuan mengenal gamelan melalui permainan interaktif GamelanD.
Kata kunci: gamelanD, flash
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats