Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
Abstract
Proses pembelajaran akan berlangsung dengan efektif apabila didukung dengan berbagai perencanaan termasuk pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk membantu proses pemahaman informasi dan penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Pemilihan media yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan belajar anak. Ragam media antara lain media audio, visual, dan audiovisual. Dalam pembelajaran di PAUD, umumnya pendidik lebih memilih menggunakan media visual dan audio visual karena sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak yang belajar melalui benda konkret. Media audiovisual dinilai lebih menarik untuk anak karena memiliki wama, gambar yang bergerak, variasi suara dan alur cerita. Salah satu contoh media audiovisual adalah video clip. Video clip memiliki keunggulan dari sisi kemenarikan tampilan. Apabila media yang digunakan menarik, diharapkan anak-anak lebih menunjukkan minat dan perhatian, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.
Kata kunci; video clip, keterampilan sosial, anak usia dini
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats