Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Papan Flanel Huruf Pada Anak Kelompok B TK Asih Sejati Depok Sleman Yogyakarta

- Suratmi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan flanel huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca pada anak kelompok B TK Asih Sejati di Depok, Sleman, Yogyakarta pada 2010-2011. Subjek penelitian ini berjumlah 25 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Instrumen penilaian memiliki validitas isi untuk mengukur tujuan sesuai dengan indikator dasar keterampilan peningkatan kemampuan baca TK (PKBTK) dan untuk menentukan tingkat keandalan penelitian yang dilakukan oleh dua pengamat, yaitu peneliti dengan guru lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan papan flanel huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dibandingkan dengan menggunakan media lainnya. Sebelum tindakan nilai rata-rata mencapai 36 %, dan setelah tindakan mencapai 64%.

Katakunci: papan flanel huruf, keterampilan membaca



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats