Meninjau Kompetensi Guru PAUD Lulusan Sarjana PG-PAUD di Pontianak

- Halida,

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil tes UKA guru PAUD lulusan saijana PG-PAUD di propinsi Kalimantan Barat pada umumnya dan Kotamadya Pontianak pada khususnya yang masih rendah. Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena pada usia dini merupakan peletak dasar dari berbagai perkembangan aspek bagi kelanjutan kehidupan anak ketika dewasa. Empat kompetensi guru perlu diketahui oleh guru anak usia dini, karena empat kompetensi ini sangat menentukan kelancaran proses pembelajaran di kelas serta pembentukan diri anak yang positif dan berkarakter melalui pembiasaan. Beranjak dari hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang dimiliki guru PAUD dalam proses pembelajaran dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung dan komunikasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan sarjana PG-PAUD memiliki kompetensi pedagogik sebesar 63%, kompetensi kepribadian sebesar 71%, kompetensi sosial sebesar 70% dan kompetensi profesional sebesar 52%.

Kata kunci: kompetensi guru, sarjana PG-PAUD



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats