Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Media Puzzle Huruf Pada Anak Kelompok B1 TK Arum Puspita
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis anak dengan media puzzle huruf. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelompok B1 TK Arum Puspita Ciren, Triharjo, Pandak, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan hasil karya anak. Data proses kegiatan menulis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, sedangkan hasil karya anak dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan menulis dan hasil karya anak mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pengamatan proses kegiatan menulis, anak- yang terampil dalam menulis pada pra siklus ada 7 %, meningkat di akhir siklus menjadi 40 %, anak yang kurang terampil pada pra siklus ada 65 %, diakhir siklus menurun menjadi 7 %. Berdasarkan hasil karya tulisan anak pada pra siklus yang tergolong sangat baik tidak ada. Pada akhir siklus ketiga ada 40 %, yang proses menulisnya 0baik dari pra siklus ada 7 %, diakhir siklus ada 40 %, sedangkan anak yang proses menulisnya kurang baik menurun dari pra siklus ada 65 % menjadi 20 %, sehingga ada 80 % anak yang telah mencapai KKM. Dengan demikian akhir siklus ketiga KKM telah tercapai.
Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis, puzzle, anak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats