Melejitkan Kecerdasan Anak Melalui Strategi Supportive Climate
Abstract
Interaksi yang teijadi antara anak, orang tua dan guru dalam suatu lingkungan untuk mencapai tingkat perkembangan tertentu dapat diartikan sebagai proses pembelajaran pada anak usia dini. Pada masa egosentris, kemampuan anak masih dalam tahap berpikir praoperasional yang masih memaknai sesuatu sesuai dengan cara pandang dan berpikir mereka sendiri. Kenyataannya sampai saat ini belum semua orang tua maupun guru secara konsisten menyiapkan kondisi lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak. Seringkali orang tua bahkan guru menyampaikan informasi pada anak dengan bahasa yang sulit dimengerti anak, dengan sikap yang tidak bersahabat, menganggap anak adalah miniatur orang dewasa serta anak sebagai obyek belajar. Mengenalkan informasi atau pengetahuan baru pada anak perlu strategi yang sesuai dengan kondisi anak. Strategi supportive cilmate menguatkan tindakan yang dilakukan anak dengan harapan dapat menghasilkan kemampuan baru sesuai dengan yang tujuan yang telah direncanakan guru.
Kata kunci: kecerdasan, anak usia dini, supportive climate
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats