Pengembangan Matematika Permulaan Melalui Bermain Kreatif pada Anak Usia Dini
Abstract
Anak mulai membangun beberapa konsep pada waktu-waktu tertentu sebelum periode penting, kemudian mereka menggunakannya untuk memecahkan masalah. Selama periode preprimary anak belajar dan mulai menggunakan konsep dasar pada matematika dan sains.Konsep dasar matematika dan sains dapat diperoleh melalui kegiatan yang secara alamiah, seperti pada saat anak bermain balok, air, pasir dan bahan yang bisa dibentuk atau juga dengan kegiatan drama memasak dan aktivitas diluar ruangan.Pengembangan matematika permulaan juga dapat dilakukan melalui permainan-permainan yang ada disekitar. Permainan tradisonal juga dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperkenalkan matematika permulaan, salah satunya adalah permainan congklak atau dakonan.
Kata kunci: pengembangan, matematika permulaan, bermain kreatif, anak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats