Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini
Abstract
Anak usia dini bersifat unik dan memiliki potensi yang luar biasa. Kecerdasan dan keterampilan yang dimiliki anak dapat berguna bagi perkembangan dan kehidupan mereka. Suatu stimulasi yang salah dapat mempengaruhi kecerdasan dan keterampilan. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi pengalaman anak-anak. Diantaranya lingkungan yang kondusif, aman dan nyaman, sebuah pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan menantang, yang menggunakan seluruh panca indera dan tubuh anak. Proses pembelajaran dan pengalaman mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak diantaranya adalah dengan pembelajaran berbasis multiple intelligences. Karakteristik pembelajaran yang dipilih adalah proyek pembelajaran berbasis budaya lokal untuk merangsang kecerdasan anak. Pembelajaran ini akan memberikan variasi yang menyenangkan dalam suasana belajar. Pembelajaran proyek adalah sebuah metode yang memberikan anak-anak untuk mengeksplorasi lima indera dan tubuh dalam melakukan aktivitas tertentu dengan menyenangkan. Materi tentang budaya dapat menjadi dasar dalam belajar. Budaya mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai budaya, sehingga mereka memahami lingkungan budaya (budaya lokal). Sebuah perilaku baru dan budaya yang tidak sesuai dengan filosofi Indonesia dapat memberikan dampak yang tidak baik terhadap perkembangan anak usia dini. Permasalahan ini dapat diatasi salah satunya dengan menanamkan nilai-nilai budaya lokal untuk anak usia dini.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Budaya Lokal, Proyek Pembelajaran, multiple intelligences
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats