Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Model Pembelajaran RKCK (Rasa Karsa Cipta Karya)
Abstract
Saat ini, globalisasi adalah sebuah keniscayaan dalam hidup kita. Semua orang di dunia, termasuk bangsa Indonesia membutuhkan strategi terbaik agar mampu bersaing dengan era globalisasi. Pendidikan sebagai salah satu unsur dalam kehidupan manusia telah menjadi posisi kunci untuk mengantisipasi gelombang globalisasi. Ide-ide dan konsep pendidikan yang baru diperlukan untuk memperkuat identitas bangsa, melestarikan kearifan lokal, mampu menjawab tantangan modern dan memiliki dasar yang baik untuk membangun karakter. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang berbasis pada kearifan lokal dari "RKCK (Rasa-Karsa-Cipta-Karya).Model ini dianggap sebagai salah satu solusi untuk menjawab permasalahan. Beberapa keunggulan dari model pembelajaran berbasis Model RKCK adalah bahwa model ini lahir dari filsafat Indonesia. Dengan demikian, Model Pembelajaran RKCK memiliki kekuatan untuk melahirkan kembali nilai-nilai semangat Indonesia. Konsep model RKCK sebenarnya bukanlah ide baru, tetapi telah ada sejak lama. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat membangun kembali filosofi model pembelajaran dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Model RKCK bersifat holistik dan sistem implementasinya terintegrasi, sehingga tidak hanya aspek kecerdasan saja tetapi juga aspek sosial emosional dan kecerdasan spritual yang dapat meningkatkan ketajaman pikiran peserta didik.
Kata kunci: Membangun Karakter, Berbasis pada Kearifan Lokal, Kearifan Lokal, Menyeluruh, Terpadu
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats