Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini untuk Mengatasi Temper Tantrum pada Anak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiwijaya, R. P., & Kuntoro, I. A. (2019). Penerapan differential reinforcement of alternative behavior untuk menurunkan screen-time pada anak dengan language disorder. Journal of Psychological Science and Profession, 3(1), 57. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i1.21507
Dahar, R. W. (1989). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga Press.
Fatimah, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2020). Studi kasus perilaku temper tantrum anak dalam bersosialisasi di tk dharma wanita kempleng II. PRESCHOOL Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2 No. 1, 155–162.
Fitriani, F., Samad, A., & Khaeruddin, K. (2014). Penerapan teknik pemberian reinforcement (penguatan) untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(3), 120887.
Hapsari, C. K., & Hartiani, F. (2018). Penerapan prinsip modifikasi perilaku untuk dengan disabilitas intelektual berat. Psikologi, 17(2), 119–130.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era modern (sebuah studi literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Hendarko, A. C., & Anggraika, I. (2018). Efektivitas teknik prompting dan positive reinforcement untuk meningkatkan frekuensi kontak mata pada anak prasekolah dengan autisme. 6(2), 176–185.
Herawati, N. I. (2003). Menghadapi anak usia dini yang temper tantrum. PG PAUD UPI Kampus Cibiru.
Isnaini, F., & Taufik. (2015). Strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian Humaniora, 16, 33–42.
Korohama, K. E. P., & Bali, E. N. (2020). Konseling anak usia dini temper tantrum kathrina. Early Childhood Education and Development Studies (ECEDS, 1(2), 1–6.
Mayati, D. (2013). Pengaruh teknik extinction terhadap penggunaan online game yang berlebihan pada peserta didik kelas X MIA 1 Di SMA Negeri 1 Sungai Are Sumatra Selatan. In Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN U (Vol. 53, Issue 9).
Melfianora. (2017). Penulisan karya tulis ilmiah dengan studi literatur. Studi Litelatur.
Muriyawati, & Rohamah, F. A. (2013). Pengaruh pemberian token ekonomi terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 53(9), 1689–1699.
Natasha, L. M., Sujana, wayan I., & Ayu, T. luh. (2016). Pengaruh teknik shaping dengan positive reinforcement terhadap kecemasan berpisah pada anak. E-Jounal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7534/5156
Purwanti, T. (2014). Peningkatan pengendalian diri melalui modifikasi perilaku pada anak tungarungu di kelas C TKLB SLB Negeri 2 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayuningsih, S. I. (2014). Strategi ibu mengatasi perilaku temper tantrum pada anak usia toddler di Rumah Susun Keudah Kota Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 5(1).
Raihan. (2019). Penerapan reward dan punishment dalam peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam terhadap siswa sma di kabupaten pidie the implementation of rewards and punishments within the islamic religious education learning in sma ( public senior high sc. in dayah: Journal of Islamic Education (Vol. 2, Issue 1).
Sari, E., Rusana, R., & Ariani, I. (2019). Faktor pekerjaan, pola asuh dan komunikasi orang tua terhadap temper tantrum anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(2), 50. https://doi.org/10.32584/jika.v0i0.332
Sembiring, A. K., Filtri, H., & Efastri, S. M. (2017). Persepsi orang tua terhadap pemecahan masalah temper tantrum anak usia dini di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. 23(7), 88–96.
Shanti, A. I. (2015). Penerapan teknik penyisihan sesaat (time-out) untuk mengurangi durasi perilaku tantrum pada autisme kelas iii di sekolah luar biasa (slb) autisma dian amanah yogyakarta. In Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 151). Universitas Negeri Yogyakarta.
Slamet wahyudi, M. A. (2017). Teknik behavior dalam menangani perilaku indisipliner siswa pada korban perceraian di smp diponegoro sleman yogyakarta. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 83. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.913
Suzanti, M. W., Riyani, E., Istiqomah, A., & Ihtiar, C. (2014). Efektivitas finger painting untuk menurunkan perilaku temper tantrum pada anak KB PK Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 3.
Syamsuddin. (2013). Mengenal perilaku tantrum dan bagaimana mengatasinya. Informasi, 18(02), 73–82.
Wulansari, M. (2015). Perilaku tantrum anak usia 5-6 tahun di tk marditama timbulharjo sewon bantul (issue september). Universitas Negeri Yogyakarta.
Yonita, E. N., & Karneli, Y. (2019). The effectiveness of the cognitive behavior modification approach with group settings to reduce bullying behavior. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/00136kons2019
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.28831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats