Evaluasi pembelajaran tata nilai budaya Yogyakarta di taman kanak-kanak se-kabupaten bantul Yogyakarta

Sudaryanti Sudaryanti, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Joko Pamungkas, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Harun Harun, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amir Syamsudin, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan mengelompokkan capaian perkembangan anak tentangtata nilai moral & social-emosional anak usia dini di Taman Kanak-kanak wilayah Kabupaten Bantul. Rancangan evaluasi terdiri dari deskripsi proses pembelajaran tata nilai kemasyarakatan dan tata nilai moral di Taman Kanak-kanak, penilaian capaian perkembangan anak, dan pengelompokkan capaian perkembangan tata nilai moral & social-emosional anak. Temuan penelitian adalah 53% guru TK sudah melakukan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, dan 43.2% capaian perkembangan anak sudah melampaui standar capaian perkembangan tata nilai moral & social-emosional anak.

 

Kata Kunci: nilai moral, social-emosional, pembelajaran, anak usia dini.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.27041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats