KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Kepala sekolah merupakan salah satu elemen penting bagi kemajuan sekolah. Dalam perannya seorang kepala sekolah menjalankan fungsi baik sebagai pendidik, pemimpin, pengelola, administrator, maupun sebagai supervisor. Sedangkan fungsi dari kepala sekolah adalah pendidik, pemimpin, pengelola, administrator, wirausahawan, pencipta iklim kerja dan supervisor. Pada tataran operasional tugas pokok kepala sekolah mencakup kegiatan menggali dan mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah secara terpadu dalam kerangka pencapaian tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik kepala sekolah sebagai leader yang relevan untuk kondisi di lapangan. Informan penelitian pengawas sekolah di Kabupaten Sleman. Cara menentukan informan penelitian berdasarkan karakteristik wilayah binaan pengawas sekolah yaitu perkotaan dan pedesaan. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kepala sekolah sebagai leader harus mampu berperan sebagai (a) entrepreneur, (b) teladan dalam kepemimpinan pembelajaran (supervisor), (c) memiliki visi yang jelas; (d) mampu memotivasi warga sekolah untuk memajukan sekolah; (d) mampu membuat keputusan dengan tepat; dan (e) mampu mengembangkan budaya sekolah sesuai dengan perkembangan lingkungannya.
Kata kunci: kepala sekolah, leader
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats