RANCANGAN MODEL MEDIA AUDIO PERMAINAN DAN CERITA ANAK NUSANTARA (PERMATA NUSANTARA) UNTUK PAUD
Abstract
Salah satu prinsip pembelajaran di PAUD adalah belajar melalui bermain. Berbagai aspek perkembangan anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan permainan, misalnya permainan tradisional. Namun, berbagai permainan tradisonal mulai tergantikan dengan permainan modern yang bersifat pasif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan merancang sebuah model media audio Permata Nusantara (Permainan dan Cerita Anak Nusantara) yang dikembangkan dengan mengadopsi model ADDIE yang daapt dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran di PAUD. Rangkaian kegiatan ini merupakan sebuah tindak lanjut terhadap hasil evaluasi model MA Permata Nusantara yang direvisi berdasarkan hasil evaluasi yang dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret dan April 2016 dengan melibatkan praktisi lapangan atau guru TK/PAUD sebanyak 12 orang, ahli materi yaitu dosen PAUD sebanyak 2 orang, dan ahli media dari BPMRPK sebanyak 6 orang. Hasil penelitian ini berupa blue print atau cetak biru model media audio Permata Nusantara yang meliputi spesifikasi model, rancangan garis besar isi media (GBIM), dan rancangan pengembangan bahan belajar. Dengan adanya cetak biru yang baik, diharapkan produk model media yang dihasilkan akan lebih baik.
Kata Kunci: desain, media audio, permata nusantara, PAUD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats