PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPPH MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PENDAMPINGAN DI TK BINAAN PADA SEMESTER 1 TAHUN 2016/2017

Sukarmi -,

Abstract


.Tujuan penelitian ini adalah agar para guru dapat mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sehingga sasaran kurikulum 2013 dapat terealisasikan dengan baik. Penelitian dilaksanakan di TK binaan Kecamatan Wirobrajan dan diikuti sebanyak 20 guru. Metode yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mendapatkan data Peningkatan Kemampuan Guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian di TK binaan. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam siklus dan melalui proses pengkajian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari siklus satu yaitu sesi pemberian materi dan sesi latihan penyusunan rencana cukup sebanyak 16 orang atau 80% dan dengan hasil baik sebanyak 4 orang atau 20%. Hasil yang diperoleh dari siklus dua yaitu sesi ketiga pendalaman materi dan sesi keempat pemberian tugas dan evaluasi menunjukkan bahwa peserta yang mencapai hasil cukup sebanyak 4 orang atau 20%  dan dengan hasil baik sebanyak 16 orang atau 80% pada siklus 3 dan 20 orang dengan hasil baik atau 100%

 

Kata kunci: Peningkatan Kemampuan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats