MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA KELOMPOK A1TK MADUKISMO
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara pada anak-anak di TK Madukismo, Bantul, Yogyakarta melalui penggunaan media panggung boneka. Keterampilan berbicara pada anak-anak dilihat dari kemampuan anak dalam ikut aktif berpartisipasi mengungkapkan ide/gagasan dan menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa dan dimana. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif, Subjek yang diteliti anak-anak dari kelompok A1 TK Madukismo yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal keterampilan berbicara yaitu 52,8% termasuk dalam kriteria kurang baik, pada Siklus I meningkat 12,8% menjadi 65,6% termasuk dalam kriteria cukup, dan pada Siklus II meningkat 22,5% menjadi 88,1% termasuk dalam kriteria baik. Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara yaitu guru bercerita, tanya jawab tentang cerita yang dibawakan guru, anak mengulang cerita yang dibawakan guru, guru memberi motivasi kepada anak untuk ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, panggung boneka, kelompok A1
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats