MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUIMEDIA BALOK HURUF PADA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BANTUL

Syari’ati Masyithoh,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui balok huruf pada kelompok B1 TK Negeri Pembina Bantul. Kemampuan membaca permulaan yang ditingkatkan ialah menyebutkan bunyi huruf yang ada didalam kata, menyebutkan kata dengan jelas, dan menyusun huruf membentuk kata yang memiliki makna. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Bantul sebanyak 17 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan  dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan balok huruf yang diberi penyangga sehingga memudahkan anak untuk mencoba menyusun huruf dengan cara diputar dan memberikan tantangan pada anak yang dilakukan secara bersamaan dengan teman menyerupai perlombaan, serta pemberian reward secara kongkret yakni menggambar bintang pada punggung telapak tangan anak.

Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media balok huruf, kelompok B.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats