STUDY DESKRIPTIF PROSES MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI
Abstract
Membaca permulaan adalah kemampuan bahasa reseptif yang dilalui anak usia dini untuk mempersiapkan ketrampilan membaca anak sebelum memasuki sekolah dasar. Proses membaca permulaan distimulasikan kepada anak sesuai tahapan yang baik, yaitu seperti pengenalan pada huruf vokal dan konsonan kemudian mengeja atau menggabungkan bunyi huruf, suku kata maupun kata sederhana pada anak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui study penelitian deskriptif kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Jenis study penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data pada study penelitian deskriptif ini menggunakan teknik observasi dengan menggunakan instrumen penelitian lembar observasi checklist. Hasil study penelitian deskriptik ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B menunjukkan hasil Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Kata kunci: kemampuan, membaca permulaan, kelompok B
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats