MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN POLA SUKU KATA DI TAMAN KANAK- KANAK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA
Abstract
Permainan pola suku kata adalah salah satu teknik pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak dalam hal membaca sambil bermain di Taman Kanak- Kanak. Pengenalan keaksaraan ini dilakukan melalui permainan pola suku kata dengan media pola suku kata MDF dan menggunakan instrument dari buku panduan perkembangan keaksaraan, minat baca, dan permainan pola suku kata. Alat penilaian yang digunakan dengan menggunakan matriks indikator yang dibuat dalam bentuk cheklist, unjuk kerja dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak- anak kelompok B4 TK Negeri Pembina Yogyakarta yang berjumlah 23 anak terdiri dari 14 anak laki- laki dan 9 anak perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keaksaraan anak melalui permainan pola suku kata dengan media kartu huruf secara signifikan dibuktikan dengan data hasil awal 52,17% meningkat menjadi 88,25%.
Sedangkan data hasil minat baca dari 50,29% meningkat 85,53%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa permainan pola suku kata dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak.
Kata Kunci: Bermain Pola Suku Kata
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats