MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN POLA SUKU KATA DI TAMAN KANAK- KANAK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

- Amini,

Abstract


Permainan pola suku kata adalah salah satu teknik pembelajaran yang dilakukan guru untuk  meningkatkan             kemampuan keaksaraan reseptif anak dalam hal membaca sambil bermain di Taman Kanak- Kanak. Pengenalan keaksaraan ini dilakukan melalui permainan pola suku kata dengan media pola suku kata MDF dan menggunakan instrument dari buku panduan perkembangan keaksaraan, minat baca, dan permainan pola suku kata. Alat penilaian  yang digunakan dengan menggunakan matriks indikator yang dibuat dalam bentuk cheklist, unjuk kerja  dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak- anak kelompok B4 TK Negeri Pembina Yogyakarta yang berjumlah 23 anak terdiri dari 14 anak laki- laki dan 9 anak perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keaksaraan  anak melalui permainan pola suku kata dengan media kartu huruf secara signifikan dibuktikan dengan data hasil awal 52,17% meningkat menjadi 88,25%.

Sedangkan data hasil  minat baca dari 50,29% meningkat 85,53%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa permainan pola suku kata dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak.

Kata Kunci: Bermain Pola Suku Kata


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats