PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK TK

Marlin Dwi Susanti,

Abstract


Tujuan pemanfaatan media terhadap motivasi belajar anak untuk memberikan gambaran konkret terhadap informasi maupun ide-ide baru dan menyatukan materi yang akan guru sampaikan terhadap pengetahuan yang akan diberikan pada anak, sehingga pemahaman dari guru maupun anak menjadi serah. Media yang digunakan tidak lepas dari bahan yang aman, tidak berbahaya dan mudah digunakan agar anak dapat mengeksplorasikan media tersebut untuk menambah pengalaman belajar anak. Jenis media pembelajaran yang digunakan adalah berbentuk fisik, diantaralain yaitu boneka flannel, kereta angka, buku pintar “mertamorfosis kupu-kupu”, kartu angka dan huruf. Media yang digunakan memakai bahan bekas yang aman, mudah didapat dan tidak berbahaya, sehingga anak mudah mengeksplornya untuk menggali rasa ingin tahunya dan dapat mengetahui berbagai macam hal. Hasil dari pemanfaatan media pembelajaran ini dapat memunculkan motivasi belajar anak. Hal ini dapat dilihat dari minat anak melihat dan mendengarkan guru bercerita menggunakan media tersebut. Anak dapat mengungkapkan ide-idenya, hasil pengamatan di lingkungan sekitar anak dan pengalaman yang pernah dilakukakannya. Sehingga terciptanya kebermaknaan pembelajaran dan pemahaman materi yang didapat anak maupun materi yang disampikan guru menjadi searah.

 

Kata Kunci: media, pembelajaran, anak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats