PELATIHAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK

- Muthmainnah,
Ika Budi Maryatun,
Nur Cholimah,

Abstract


Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas guru TK dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak. Khalayak sasaran dalam program ini adalah 65 guru TK di wilayah Kecamatan Adimulyo Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, simulasi permainan, pemberian tugas dan diskusi, serta presentasi. Program ini dapat meningkatkan pengetahuan guru tentang metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak TK. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi penyelenggaraaan kegiatan dan evaluasi pengembangan metode pembelajaran    yang telah mencapai indikator keberhasilan melebihi 80 %. Berdasarkan hasil penyebaran skala tentang penyelenggaraan kegiatan dapat disimpulkan bahwa 93 % guru TK (61 peserta) merasa materi yang disampaikan sesuai dan bermanfaat. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengisian skala yang rata-rata memperoleh skor 3 (kriteria baik). Untuk hasil pemberian tugas, enam kelompokmemperoleh kriteria baik dalam merancang kegiatan pembelajaran hari memasak, proyek, dan permainan kooperatif.

 

Kata Kunci: Pengembangan, metode pembelajaran, keterampilan sosial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats