Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Abc-Abc Melalui Media Gelang Warna Di Kelompok A PAUD Gemsana, Otvai, Alor
Abstract
Abstrak
Permasalahan yang muncul pada kelompok A di PAUD Gemsana Otvai, Alor, NTT ialah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal pola yang ditandai dengan ketidakmampuan anak dalam memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat pola yang berurutan. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang variatif salah satunya ialah dengan media gelang warna. Kegiatan dilakukan secara individual. Observasi dilakukan pada anak kelompok A1 sebanyak 20 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek dalam observasi ini adalah kemampuan kognitif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa kemampuan mengenal pola ABC-ABC dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media gelang warna di kelompok A PAUD Gemsana Otvai, Alor, NTT.
Kata kunci: kemampuan mengenal pola ABC-ABC, media gelang warna, kelompok A.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats