MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN MENEBALKAN HURUF

Risky Ramadani,

Abstract


Artikel ini mengenai membaca permulaan melalui kegiatan menebalkan huruf pada anak kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 10 Terangun.Membaca permulaan pada anak – anak belum berkembang optimal.Anak – anak tidak bisa membedakan lambang huruf kemudian menuliskannya. Guru membutuhkan kegiatan yang menarik untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa tersebut, yaitu kemampuan membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan melalui kegiatan menablkan huruf dipilih dan cenderung menarik, karena anak – anak bisa menuliskan ulang baik itu di buku tulis masing – masing maupun di papan tulis.Menebalkan huruf menggunakan warna – warna yang menarik menambah keinginan anak untuk belajar. Melalui menebalkan huruf, kemampuan membaca permulaan pada anak dapat berkembang secara optimal.Dari sepuluh siswa di kelas I, Sembilan diantaranya sudah dapat mengenal dan membedakan lambang huruf.

Kata kunci : membaca permulaan, menebalkan huruf, siswa kelas I SD N 10 Terangun


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats