TINGKAT KEMAMPUAN FOREHAND GROUNDSTROKE DAN BACKHAND GROUNDSTROKE SISWA SEKOLAH TENIS MENOREH TENNIS CLUB, HANDAYANI TENNIS CLUB DAN BANTUL TENNIS CAMP

Ngatman Ngatman, , Indonesia
Erman Sulistyatna,

Abstract


ABSTRAK

Teknik forehand groundstroke dan backhand groundstroke merupakan salah satu teknik yang sangat penting dalam permainan tenis lapangan. Petenis kebanyakan kehilangan angka karena tidak menguasai teknik forehand groundstroke dan backhand groundstroke dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan forehand groundstroke dan backhand groundstroke padasiswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dyer Tennis Test. Validitas instrumen Dyer Tennis Test antara 0,80 sampai 0,90 dan reliabilitas instrumen adalah 0,90. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp sebanyak 32 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan forehand groundstrokes siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp berkategorisedang. Secara terperinci terdapat 2 siswa (6,25%) berkategori “baik sekali”, 5 siswa (15,63%) berkategori “baik”, 15 siswa (46,87%) berkategori “sedang”, 8 siswa (25%) berkategori “kurang” dan 2 siswa (6,25%) rendah. Rata-rata tingkat kemampuan backhand groundstrokes berkategori “sedang”, dengan rincian terdapat 2 siswa (6,25%) berkategori “baik sekali”, 8 siswa (25%) berkategori “baik”, 12 siswa (37,5%) berkategori “sedang”, 8 siswa (25%) berkategori “kurang” dan 2 siswa (6,25%) berkategori “rendah”. Rata-rata tingkat kemampuan forehand groundstroke dan backhand groundstroke berkategori “sedang”, dengan rincian terdapat  2 siswa (6,25%) berkategori “baik sekali”, 5 siswa (15,63%) berkategori “baik”, 15 siswa (46,87%) berkategori “sedang”, 8 siswa (25%) berkategori “kurang” dan 2 siswa (6,25%) rendah.

Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan forehand groundstroke dan backhand groundstroke siswa sekolah tenis Menoreh Tennis Club, Handayani Tennis Club dan Bantul Tennis Camp berkategori sedang.

 

Kata kunci: forehand groundstrokes, backhand groundstrokes, siswa sekolah tenis, dyer tennis test


Keywords


forehand ground strokes, backhand ground strokes, Tennis academy students, dyer tennis test

Full Text:

PDF

References


Abdoelah, Arma dkk. 1981. Olahraga untuk perguruan tinggi. Yogyakarta: PT: Sastra Hudaya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Brown, Jim. 2007. Tenis: Tingkat pemula, alih bahasa dari Tennis: Steps to success. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Hohm, Jindrich and Klavora, Peter, 1987. Tennis Techique and Tactics, Play to Win The Czech Way. Canada: Sport Book Publisher.

Ihsan, Willy. 2014. Tingkat kemampuan forehand groundstrokes dan backhand groundstrokes tenis lapangan siswa sekolah tenis selabora FIK UNY. Skripsi: UNY.

Jones, C.M., Angela Buxton. 2006. Belajar tenis untuk pemula. Bandung: Pionir Jaya.

Schuyler, Steve. 1993. Winning Tennis, complete guide for coaches and advanced players. Englexood clifft, N.J: Prentice hall.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Thahara, Toriq. 2013. Tingkat keterampilan pukulan forehand groundstroke drive dan pukulan backhand groundstroke drive siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis lapangan di smp negeri 1 Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/ 2013.Skripsi: UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JORPRES



   

Jorpres Stats