KEMAMPUAN GURU TK DALAM MENGAJAR GERAK ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK DI MATRAMAN JAKARTA -TIMUR DALAM UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk tingkat kemampuan mengajar gerak anak Taman Kanak-Kanak (usia dini). Penelitian ini dilakukan pada Taman Kanak-kanak yang berada diwilayah Matraman Jakarta-Timur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik survei yaitu menyebar angket kemampuan mengajar gerak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar kepada responden yaitu 30 orang guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Matraman Jakarta Timur. lnstrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk kemampuan mengajar gerak anak guna peningkatan kebugaran jasmani pada anak usia dini.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : analisis data untuk masing-masing dimensi kemampuan mengajar gerak anak guna peningkatan kebugaran jasmani pada anak usia dini menyatakan bahwa kemampuan membuka pelajaran 7,9%, mengusai berbagai macam gerakan 1 0,2%, menggunakan metode pembelajaran 12,5%, penggunaan alat atau media pembelajaran 14,4%, kreatifitas dalam pengayaan gerakan 16,7%, mempunyai kemampuan fisik 14,4%, memahami kemampuan anak 4,8%, tindakan kepribadian mengajar 8,8%, menutup pelajaran 10,5% dan disimpulkan bahwa kemampuan mengajar gerak anak guna peningkatan kebugaran jasmani pada anak usia dini sebesar 30% kategori tinggi, 27% kategori sedang, dan 43% kategori rendah.
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Mengajar Gerak, Anak TK (usia dini), Kebugaran Jasmani
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v7i7.10281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JORPRES