Persepsi Anggota Terhadap Gaya Komunikasi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan UNY Pada Masa Pandemi Covid-19

Lutfiana Wahyu Savitri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fikri Wahiddinsyah, Faculty of Education and Psychology, Yogyakarta State University, Indonesia
Reni Rizki Anindia Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rahmania Utari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Keterampilan komunikasi seorang pemimpin dapat dilihat dari gaya komunikasi yang ia gunakan. Terlebih masa pandemi Covid-19 menuntut untuk seorang pemimpin menggunakan gaya komunikasi yang dirasa paling efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan tipe gaya komunikasi yang dimiliki ketua HIMA AP dalam melewati masa krisis pandemi Covid-19 dan juga memberikan informasi sejauh mana keefektifan gaya komunikasi ketua menurut anggotanya terutama dalam memimpin organisasi untuk beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket yang telah divalidasi dengan teknik expert judgement kepada seluruh anggota HIMA AP yang berjumlah 57 orang. Analisis data dilakukan dengan mengolah data secara kuantitatif dan dideskripsikan dalam bentuk tabel.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anggota mempersepsikan kecenderungan gaya komunikasi Ketua HIMA AP dalam melewati krisis akibat pandemi Covid-19 termasuk ke dalam gaya The Dynamic Style. Sedangkan gaya yang dipersepsikan paling sedikit adalah gaya The Withdrawal Style. Sebagian besar anggota juga mempersepsikan keefektifan gaya komunikasi Ketua HIMA AP dalam melewati krisis akibat pandemi Covid-19 termasuk ke dalam kategori efektif. Meskipun hasil yang didapat oleh Ketua HIMA AP sudah baik, namun Ketua HIMA AP perlu mempertahankan atau bahkan meningkatkan level gaya komunikasinya menjadi gaya The Equalitarian Style yang merupakan gaya yang paling ideal dan juga meningkatkan keefektifan gaya komunikasinya.


Keywords


Komunikasi organisasi, gaya komunikasi, kepemimpinan masa krisis

References


Ahmad, M. I. (2020). Manajemen krisis: kepemimpinan dalam menghadapi situasi krisis Covid-19. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 223-237.

Akdemir, A. (1997). Changes In Management Policy And The Profile Of A Changing Leader, Symposium On Leadership In 21 St Century, (5th-6thjune) Volume: 2, Naval Military College, İstanbul.P.349

Arnold, H. J., & Danield C. F., (1986). Individual In Organizations. New. York: Mcgraw Hill, Series In Management

Asriadi, A. (2020). Komunikasi efektif dalam organisasi. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 36-50.

Berlo, K. D. (1960). The process of Communication. New York: Holt. Rinehart and Winston Inc.

Bundy, J., Pfarrer, M. D., Short, C. E., Coombs, W. T. (2017). Crises and crisis management: integration, interpretation, and research development. Journal Of Management. 43 (6): 1661–1692. Doi:10.1177/0149206316680030

Effendy, O. U. (1993). Ilmu Teori Dan Falsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167

Iriani, T. (2017). Studi analisis terhadap kemampuan softskill mahasiswa fakultas teknik UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 6(1), 38-50.

Kuswarno, E. (2001). Efektivitas Komunikasi Organisasi. Mediator Vol. 02 No. 01, 57-60.

Lano, P. F. (2015). Fungsi kepemimpinan untuk mengurangi sikap arogansi pegawai. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(1).

Limantoro, F. (2015). Pengaruh gaya komunikasi direktur terhadap kepuasan komunikasi karyawan di PT. Sumarni Mustajab Batu. Jurnal e-Komunikasi, 3(2)

Manurung, H. E. (2020). Pengaruh gaya komunikasi pemimpin terhadap kinerja karyawan pada perusahaan PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Palembang. Jurnal IlmiahEkonomika, 13(2), 70-86.

Moekijat. (1993). Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Nurmalasari, A. (2020). Manajemen krisis dalam public relations: analisis meta-sintesis aktivisme online. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik. 24(2).109.

Olson, A. K., & Simerson, B. K., (2015). Leading With Strategic Thinking: Four Ways Effective Leaders Gain Insight, Drive Change, And Get Results. Canada: Wiley.

Pitasari, D. N. (2015). Pengaruh gaya komunikasi pimpinan terhadap peningkatan kinerja pegawai di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. 03 (02), 205-220.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, J. A., & Puspitasari, M. (2021). Kepemimpinan strategis dalam masa krisis pandemi covid-19 (Belajar dari Pemimpin Daerah Kota Tegal). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 282-288.

Williams & Levi. (2015). Perceptions of the Crime controllers: Modelling the infl uence of cooperation and data source factors. Security Journal. 28 (3). 252-271. Diunduh dari https://e-resources.perpusnas.go.id:2057/docview/1700358272

Zamzami, W. S. (2021). Strategi komunikasi organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 25-35.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i2.71327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats