PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MERDEKA BELAJAR DI SMA SE-KOTA BANDA ACEH
Nanak Muharramiati, Universitas Syiah Kuala, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis peranan kepala sekolah sebagai manager dalam pelaksanaan merdeka belajar (2) Mendeskripsikan dan menganalisis peranan kepala sekolah sebagai pengembang kewirausahaan dalam pelaksanaan merdeka belajar. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan merdeka belajar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri Kota Banda Aceh yang berjumlah 9 sekolah dengan subjek penelitian kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sebagai manager, dalam pelaksanaan merdeka belajar kepala sekolah menjalankan peran dengan optimal dimana kepala sekolah mampu mengelola sumber daya yang terdapat disekolah dengan berhasil melaksanakan empat fungsi managemen diantaranya melakukan perencanaan yang matang, pengorganisasian yang efektif, penggerakan yang memotivasi, dan pengawasan yang terarah. (2) Sebagai pengembang kewirausahaan, yaitu kepala sekolah menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan lima kompetensi kewirausahaan yaitu mereka mampu menciptakan inovasi, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, memiliki motivasi yang besar dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab mereka, tidak mudah menyerah dalam menghadapi kendala, dan memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah. (3) Sebagai supervisor, kepala sekolah menjalankan peran pentingnya sebagai supervisor dengan baik sesuai dengan empat indikator peran penting sebagai supervisor yaitu sebagai koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, dan evaluator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainul, A. N. I. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Program Eduprenuership di SMPN 2 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 143–156. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.86
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Binti Maunah. (2009). Supervisi pendidikan (teori dan praktek). Yogyakarata:Teras. hlm.14
Febrian, V. R. (2023). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. 5(1).69-80
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.
Kompri. (2007). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana
Manullang, M. (2006). Dasar-dasar manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). TRANSFORMASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MERDEKA BELAJAR. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072
Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm 103.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Prastiwi Mahar. (2022). Kaleidoskop Merdeka Belajar Kemendikbud Ristek, SimakSemuaProgramnya. https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/05/160728271/kaleidoskop-merdeka-belajar-kemendikbud-ristek-simak-semua-programnya?page=all (Diakses pada tanggal 30 November 2022)
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Safitri, E., & Ar, D. (n.d.). KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN RUKOH BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah. 3(4). 24-33
Sakir, I., & Hartiningsih, S. (2018). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER (STUDI MULTISITUS) DI MIN 1 DAN MIN 2 FLORES TIMUR. 6 (2). 197-208.
Singh, D. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif, Ancangan Metodologi Presentasi dan Publikasi. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sururi, dkk. (2020). Kinerja Kepala Sekolah di SD untuk Mewujudkan “Merdeka Belajar”.Jurnal: Pedagogia. 18 (03): 214-224
Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892
Suryaman. (2020) “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra 1, 1 (1): 13–28
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i2.64916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License